Pages - Menu

Jumat, 24 Agustus 2012

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Skala

Local Area Network (LAN)

Jaringan komputer yang hanya menyangkup area kecil atau tidak begitu luas. Contoh penggunaannya pada rumah, sekolah, gedung, kampus, dll.



LAN didesain untuk kebutuhan dan kondisi berikut :
• Beroperasi dalam area geografis terbatas (kecil)
• Memberi akses user-user melalui media dengan bandwidth tinggi
• Menyediakan konektivitas full-time untuk servis-servis local
• Melakukan koneksi secara fisik antar perangkat yang berdekatan
• Menyajikan control jaringan secara privat di bawah kendali administrator lokal (Network Administrator).

Wide Area Network (WAN)

Jaringan yang mencakup area yang besar. Contoh jaringan seperti antar kota, antar provinsi, antar pulau, bahkan antar negara.


WAN didesain untuk kebutuhan dan kondisi berikut :
• Beroperasi pada area geografis luas
• Mengijinkan akses melalui interface serial dengan kecepatan medium
• Menyajikan konektifitas full-time / part-time
• Mengkoneksikan perangakat yang terpisahkan jarak global.

Metropolitan Area Network (MAN)

Jaringan dalam satu kota yang mempunyai kapasitas transfer yang sagnat cepat. MAN biasanya menghubungankan jaringan antar lokasi dalam sebuah kota, contoh dari kampus ke gedung pemerintahan, dll.

Storage Area Network (SAN)

Storage Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan berkecepatan sangat tinggi yang khusus, terdiri dari server dan penyimpan (storage). Terpisah & berbeda dengan LAN/WAN perusahaan, tujuan utama SAN adalah untuk menangani trafik data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpan, tanpa mengurangi bandwidth yang ada di LAN/WAN.

System Area Network (SAN)

merupakan koneksi-koneksi berperforma hardware tinggi dan kecepatan koneksi tinggi dalam sebuah konfiurasi cluster.

Small Area Network (SAN)

Adalah sistem telekomunikasi yang menghubungkan satu atau lebih perangkat utama sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat budak atas sebuah papan sirkuit cetak, dalam kotak, atau dalam suatu sistem. Small Area Network (SAN) biasanya biaya rendah dan kompak untuk memberikan kontrol perangkat, media keamanan, dan kesehatan konektivitas pemantauan produk elektronik seperti ponsel, komputer, dan sistem komputer server.

Personal Area Network (PAN)


Personal Area Network (PAN) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara komputer perangkat (termasuk telepon dan asisten pribadi digital) dekat dari satu orang. Perangkat mungkin atau tidak milik orang tersebut. Jangkauan dari PAN biasanya beberapa meter. PANs dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi mereka sendiri (intrapersonal komunikasi), atau untuk menghubungkan ke tingkat yang lebih tinggi dan jaringan Internet (an uplink).

Desk Area Network (DAN)


Desk Area Network (DAN) adalah sebuah workstation multimedia berbasis disekitar suatu interkoneksi ATM (seperti yang ditunjukkan dalam diagram di bawah). Semuakomunikasi antara peripheral dan bahkan antara CPU dan memory utama dicapai denganmengirimkan Sinyal ATM melalui sebuah Switch Fabric. Sebuah implementasi prototipe berdasarkanFairisleswitch fabric telah dibangun dan digunakan untuk menyelidikiarsitektur.

Controller Area Network (CAN)
Pada mulanya dikembangkan untuk aplikasi pada kendaraan bermotor oleh Robert Bosch. Standar yang dipergunakan untuk data link layer dan physical layer mengacu pada model OSI (Open System Interconnection).

CAN adalah sebuah protokol komunikasi serial, yang secara efektif membantu mendistribusikan real-time control dengan keamanan tingkat tinggi. Pengalamatan yang dipergunakan berdasarkan pesan dengan menggunakan metode pengambilan acak disertai dengan pendeteksian kolisi dan bit to bit arbitrasi. Pesan yang mempunyai prioritas tertinggi akan mendapatkan akses ke jaringan terlebih dahulu.

CAN merupakan sistem serial bus dengan kemampuan multi-master, yang berarti setiap simpul dapat mengirimkan data dan beberapa simpul dapat mengakses ke bus secara bersamaan.

Cluster Area Network (CAN)

Cluster Area Network Adalah pranala kinerja tinggi komputer dengankoneksi berkecepatan tinggi dalam sebuah konfigurasi cluster.

Campus Area Network (CAN)

Campus Area Network – sebuah jaringan yang membentang beberapa LAN tapilebih kecil daripada MAN, seperti pada universitas atau kampus bisnis lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar